Selasa, 28 Mei 2024

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Di Kepulauan Mentawai

ahli farmasi indonesia

PUSAT AHLI FARMASI INDONESIA

MENGENAL ORGANISASI FARMASI PERTAMA DI INDONESIA

Merupakan organisasi tempat berhimpunnya Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) di Indonesia.


Halo Mak Kece, gimana kabar hari ini? Udah sebentar lagi kenaikan sekolah anak-anak ya Mak? Bahkan, ujian nasional sudah selesai dilakukan. Nah, di sini siapa yang anaknya mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Kalau anak Tengu masih beberapa tahun lagi, Mak. Tapi, kenalan sama banyak profesi di Indonesia sepertinya bisa membantu kita ya, sebagai emak-emak Indonesia yang peduli sama pendidikan dan kesejahteraan anak. Tentunya kita pengen ngasih pendidikan yang terbaik buat anak kita kan mak?

Ada gak Mak Kece yang anaknya ingin melanjutkan pendidikan jadi apoteker? Pas banget nih, Mak. Kali ini Tengu pengen ngenalin ke Mak Kece, sebuah organisasi yang menaungi semua apoteker di Indonesia. Biar semakin kenal dengan organisasi ini, jadi Mak Kece bisa semakin yakin mendukung cita-cita anak.

Langsung aja yuk kenalan bareng Tengu sama organisasi farmasi pertama di Indonesia namanya PAFI. Di Indonesia, PAFI ini punya tugas untuk menaungi profesi farmasi di seluruh Indonesia. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan, pelatihan, peningkatan keahlian apoteker hingga melindungi hak-hak apoteker sebagai pekerja.

PAFI ini sudah berdiri sejak tahun 1946, Mak. Dahulu, tanggal 13 Februari 1946, setelah Indonesia merdeka, PAFI dibentuk sebagai organisasi untuk mengabdi pada masyarakat dan dibentuk oleh Bapak Zainal Abidin. Saat ini. tujuan PAFI adalah menjadi wadah yang bisa memajukan farmasi di Indonesia sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Profesi Apoteker saat ini bukan hanya meramu obat yang diresepkan pada pasien loh Mak. Ternyata, Apoteker saat ini juga memegang peranan penting untuk mengawasi obat-obatan yang diresepkan pada pasien. Jadi, alur obat di masyarakat ini tetap terkondisikan dengan baik serta obat yang beredar pun terkontrol. Tak hanya itu, tugas penting Apoteker lainnya yang lebih utama juga adalah mengedukasi pasien terkait saran dosis yang tepat, potensi yang akan muncul saat interaksi dengan obat hingga informasi mengenai konsumsi obat yang aman.


Baca Artikel Lainnya Di Sini

Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Indonesia Khususnya Kepulauan Mentawai

Dengan adanya organisasi seperti PAFI maka perwujudan tenaga kerja apoteker yang berkualitas bisa terealisasikan. Sebab, sesuai Visi dan Misi PAFI dalam peningkatan pelayanan kesehatan di masyarakat. Namun, untuk menjadi bagian dari PAFI ini tidak serta merta setelah lulus pendidikan apoteker langsung menjadi bagian dari PAFI ya, Mak. Untuk menjadi anggota PAFI tetap harus mendaftar sebagai tanda bahwa calon anggota PAFI ini memang kompeten. Dengan menyertakan beberapa persayaratan seperti surat permohonan, ijazah apoteker, dan sertifikat kompetensi apoteker.

Sederhananya, meski sudah lulus jadi apoteker. Tidak semua lulusannya ingin bekerja jadi apoteker. Karena itu, untuk menyortir siapa saja lulusan apoteker yang memang serius menekuni profesi dalam dunia farmasi bisa langsung mendaftarkan diri dengan memenuhi persayaratan yang sudah diberikan. Sehingga, semua anggota PAFI merupakan apoteker yang serius menggeluti profesinya dan sudah teruji kompetensi dasar.

PAFI sendiri sudah tersebar ke seluruh Indonesia anggotanya, Mak. Salah satunya Pafi Kepulauan Mentawai yang bertugas melayani kesehatan masyarakat di Kepulauan Mentawai. Meski berada dalam wilayah administrasi provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai ini letaknya berbeda pulau dengan pulau Sumatera, Mak. Karena itu, dengan adanya organisasi PAFI khusus di Kepulauan Mentawai ini merupakan wujud dari seriusnya PAFI memberikan pelayanan yang berkualitas pada setiap lapisan masyarakat tanpa pandang ras, usia, gender hingga strata sosial.

Dengan adanya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kepulauan Mentawai maka pelayanan kesehatan untuk warga di Kepulauan Mentawai jadi lebih mudah didapat. Jadi, penduduk di Kepulauan Mentawai tidak perlu lagi harus menyebrangi pulau hanya untuk mendapat pelayanan kesehatan terkait obat-obatan. Tak hanya itu, PAFI juga mengawasi distribusi obat-obatan di Kepulauan Mentawai sehingga tersalurkan dengan baik. Juga bekerjasama dengan puskesmas di seluruh Kepulauan Mentawai agar distribusi lancar dan bisa memastikan pasokan obat-obatan di puskesmas tetap tersedia. Untuk informasi mengenai organisasi PAFI yang ada di Kep. Mentawai ini bisa diakses juga melalui website.

Pafi Kepulauan Mentawai

MENGAPA HARUS BERGABUNG JADI ANGGOTA PAFI?

pafi MENTAWAI

LEBIH UP TO DATE

Dengan bergabung bersama PAFI, Apoteker bisa mendapat informasi terbaru mengenai perkembangan ilmu dan praktik kefarmasian

pafi MENTAWAI

IKUT BERBAGAI KEGIATAN

Kemudahan dalam mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PAFI.

pafi MENTAWAI

RELASI ANTAR PROFESI

Memudahkan dalam menambah relasi secara profesional dengan apoteker lainnya.

pafi MENTAWAI

PUBLIKASI JURNAL

Memudahkan Apoteker yang ingin mempublikasi jurnal ilmiah di bidang kefarmasian.

pafi MENTAWAI

PERLINDUNGAN HAK

Diberikan perlindungan hukum dan advokasi dari PAFI untuk setiap anggota.

pafi MENTAWAI

PENGEMBANGAN PROFESI

Bisa ikut serta dalam pengembangan profesi apoteker di Indonesia.

APA SAJA KEGIATAN PAFI DI KEPULAUAN MENTAWAI ?

FARMASI

PENYULUHAN KESEHATAN

Memberikan edukasi secara langsung pada masyarakat di Kepulauan Mentawai tentang kesehatan hingga gaya hidup yang sehat.

kesehatan masyarakat

PENGEMBANGAN KESEHATAN

Mengawasi secara langsung kesehatan masyarakat Kep. Mentawai dengan memberikan informasi mengenai penyakit dan cara pengendalian penyakit.

obat-obatan

PELAKSANAAN KESEHATAN

Memastikan distribusi obat-obatan serta vaksin tersebar secara rata sehingga bisa menjangkau semua penduduk di Kep. Mentawai.

Dengan adanya PAFI khusus di Kep. Mentawai yang tentunya berkolaborasi dengan setiap profesi terkait. Bisa mewujudkan kesehatan masyarakat yang adil dan merata. Serta, memastikan ketersediaan obat di setiap puskesmas sehingga mencegah kurang maksimalnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kepulauan Mentawai.

Artikel Terkait