-->

Tetap Bugar Walau Bulan Ramadan Aktivitas #dirumahaja

tips rumah bersih



Selama Ramadan ini, siapa yang punya keinginan untuk menurunkan berat badan? Duh, selama bertahun-tahun pasti sering kita pasang target untuk menurunkan berat badan. Tapi, entah kenapa ya, Mak. Meski sudah berganti tahun, tetap saja berat badan masih belum menunjukkan geser ke kiri.

Ada Mak Kece yang sampai bela-belain diet ketat. Sampai kelaparan melanda. Duh, jangan ya, Mak. Kalau bisa ikuti gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang. Disertai rutin minum air lemon setiap hari biar tambah sehat.

Buat Mak Kece yang ingin olahraga, tapi keluar rumah saat pandemi seperti ini bukan hal yang tepat. Sementara untuk pergi ke tempat fitnes juga khawatir tertular serta belum ada biaya yang besar. Kenapa enggak mencoba olahraga di rumah, Mak?

Iya, meski ada sih yang merasa belum memiliki motivasi kuat untuk gerak #dirumahaja. Banyak alasan yang selalu bikin Mak Kece menunda untuk olahraga di rumah. Nah, kalau Tengu kasih ide aktivitas di rumah yang ternyata hasilnya sama kayak kita olahraga mau enggak?

Kalau mau, simak artikel ini sampai habis, ya.


Sama Seperti Olahraga Aktivitas Ini Bikin Rumah Bersih Dan Rapi



Sadar enggak sih, Mak. Kalau ternyata ada beberapa kegiatan bersih-bersih rumah. Yang mampu menguras kalori seperti kita berolahraga? 

Penasaran nih, aktivitas apa saja yang bisa mengurangi banyak kalori buat pengganti olahraga?

Tapi, kalau ditambah dengan olahraga, pasti lebih keren lagi hasilnya, Mak. Nah, mari kita simak Mak apa saja aktivitas yang bisa bikin rumah bersih dan rapi tapi bisa juga bikin kalori di tubuh berkurang.


1.Menguras Bak Mandi dan Membersihkan Kamar Mandi


Pekerjaan paling berat dan bisa bikin ngos-ngosan versi Tempat Ulas itu ya membersihkan kamar mandi. Lengkap dengan menguras bak mandi sampai membersihkan dindingnya, ya.

Kadang ada nih, Mak Kece yang menganggap membersihkan kamar mandi cukup menyikat lantainya saja. Padahal dinding kamar mandi juga butuh disikat dan dibersihkan. Begitu pula bak mandinya. Agar tidak menjadi sarang bakteri dan menjadi tempat tumbuhnya jentik nyamuk.

Membersihkan kamar mandi selama 15 sampai 30 menit ternyata mampu membakar 100 kalori loh, Mak. Selain itu, membersihkan kamar mandi sampai menguras bak mandi dan menyikat dindingnya. Ternyata bisa mengencangkan otot lengan.



2. Mencuci Baju Di Mesin Cuci


Siapa bilang mencuci baju di mesin cuci bikin kita malas gerak? Buktinya, meski kita mencucinya menggunakan mesin. Gerakan memasukkan baju ke mesin, kemudian mengangkatnya keluar sampai menjemurnya. Mampu membakar 78 kalori di dalam tubuh kita.

Jadi, asik banget nih, Mak. Kalau mencuci baju disertai dengan mengerjakan pekerjaan lain. Biar lebih banyak kalori yang keluar dan tubuh makin segar.


3. Menyetrika



Setelah mencuci pakaian, ternyata kegiatan berikutnya yaitu menyetrika juga bisa mengurangi kalori dalam tubuh, Mak. Dan ternyata, setrika baju sambil berdiri itu kalori yang terbuang bisa setara dengan olahraga zumba.

Nah, buat Mak yang masih baru rencana ingin olahraga zumba. Tapi, terhalang waktu hingga biaya. Bisa nge-Zumba dengan cara menyetrika aja, Mak. Karena menyetrika pakaian itu melatih otot inti dalam tubuh kita.




tips rumah rapi



4. Menyapu dan Mengepel


Dua kegiatan yang bisa dibilang sepaket ini, ternyata mampu membakar 145 kalori Mak. Duh, ya kalau abis buka puasa dengan minuman manis seperti es buah. Terus langsung nyapu ngepel, kayanya asik nih bisa bakar kalori.

Eh, kok nyapu ngepel malam-malam? Iya, Mak. Terkadang kan ada Mak Kece yang baru bisa mengerjakan pekerjaan rumah pada malam hari ketika anak-anaknya tidur. Karena, esok paginya saat sahur, anak-anaknya sudah bangun semua.

Otomatis, waktu untuk membersihkan rumah hanya tersisa malam hari. Mau tak mau dijalani juga biar esok paginya rumah tetap bersih dan tidak kotor. Kasihan kalau lantai rumah kotor kan, Mak. Anak-anak mau main di lantai bisa terkena banyak bakteri.



5. Berkebun



Menyiram tanaman, menggemburkan tanah sampai kegiatan berkebun apa saja ternyata bisa membakar kalori juga, Mak. Bahkan kegiatan berkebun ini juga dipercaya mampu melepaskan penat di tubuh kita. Selain itu, berkebun merupakan kegiatan terapi yang bagus untuk mencegah stress dan depresi.

Mumpung lagi banyak waktu nih, Mak. Yuk, kita manfaatkan pekarangan rumah. Kalau halaman di rumah enggak luas, kita bisa mencoba menanam menggunakan metode hidroponik. Biar rumah tetap asri dan tubuh tetap sehat.


Penutup



Ternyata banyak juga ya, Mak. Pekerjaan rumah yang bisa membakar kalori dalam tubuh. Jadi tambah semangat lagi untuk banyak gerak di rumah dong, Mak.

Tapi, biar makin optimal hasilnya. Perlu juga nih, Mak Kece menggunakan tabel kalori setiap mau makan. Biar enggak kebablasan. 

Apalagi selama bulan puasa, biasanya sering berbuka puasa dengan menu makanan yang memiliki kalori super tinggi. Kalau bisa dikurangi, kenapa enggak ya kan Mak?

Biar tetap sehat dan bugar selama puasa. Bonusnya rumah jadi bersih dan rapi.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter