Ads 720 x 90

Jasa Ulas Produk

Bingung Mau Jualan Apa? Belajar Jualan Aja Dengan Gabung Di Kelas BOW

jualan online



Halo Mama Kece, bagaimana kabarnya? Tak terasa sebentar lagi tahun baru. Udah siap kalender barunya belum, Mam?

Berbicara masalah tahun baru. Ada nggak ya, Mama Kece di sini yang punya resolusi tahun baru ingin buka toko online? Kalau ada, duduk manis, ya Mam. Sambil baca tulisan TeNgu sampai habis.

Jadi, TeNgu bakalan ngebahas mengenai bisnis online. Yang tujuannya semoga aja bisa bantu Mama Kece yang punya niat jadi pebisnis pemula. Soalnya, kadang ada banyak Mama Kece di luar sana yang bingung harus berbuat apa dan bagaimana dalam membuka toko online.

Langsung aja ya, TeNgu kenalin sama satu kelas yang insya allah bisa membantu Mama Kece menemukan jalan mewujudkan impian.



Kelas BOW Wujudkan Impian Punya Toko Online



BOW itu kepanjangan dari Belajar Optimasi What’sapp. Ruang belajar tempat diadakan kelas BOW ini yaitu di grup Whatsapp. Fungsinya, biar semua Mama Kece bisa benar-benar mengenal aplikasi pengirim dan penerima pesan ini dengan optimal. Bukan sekadar untuk chat atau kirim video apalagi untuk nelpon dan video call saja. Tapi, ternyata BOW juga bisa dijadikan ladang usaha untuk Mama Kece yang ingin punya bisnis online.

Selama menjalani kelas BOW, mbak TeNgu benar-benar sempat mengalami kewalahan. Bukan karena susah menjalani tugasnya. Tapi, karena mba TeNgu ini jarang bisa komunikasi langsung sama orang asing. Apalagi baru kenalan. Itulah sebabnya, jika ingin benar-benar sukses dan berhasil lulus di kelas BOW ini. Mama Kece harus banget belajar aktif. 

Belajar aktif, bagaimana maksudnya? Mungkin ada beberapa Mama Kece yang sedikit kurang nyaman harus mengomentari postingan teman-teman di kontak. Kemudian, mendapat tugas untuk memberikan tanggapan pada setiap postingan anggota di kelas BOW. Nah, di sinilah Mama Kece dituntut untuk aktif turut serta memberikan tanggapan. Baik itu di status yang harus dikomentari. Maupun tanggapan di grup.

Agak susah awalnya Mba TeNgu mengikuti alurnya. Apalagi, mba TeNgu sering banget jadi sider alias silent reader di grup yang diikuti. Dari sinilah, mba TeNgu benar-benar belajar dari awal untuk ikut serta aktif di grup. Aktif di sini bukan sekadar curhat hal pribadi atau sekadar membagikan postingan broadcast yang menurut Mama Kece bagus. Bukan. Sebab, kalau itu dilakukan Mama Kece, pasti akan ditegur langsung sama admin dan ketua kelasnya.

Aktif di sini dimaksudkan untuk : 


  1. Menanggapi materi yang dibagikan oleh anggota lain. Belajar untuk memberikan tanggapan positif, memberikan doa atau malah sedikit curhat yang berkaitan juga dengan materi yang dibagikan. Tapi, di kelas BOW, curhatan yang diterima adalah curahan hati buat Mama Kece yang sedang berusaha. Apa dan bagaimana usahanya, bisa ditanggapi dengan baik.
  2. Kerjakan tugas dan terus praktekkan materi yang diberikan. Belajar untuk tetap rendah hati dengan menerima semua materi tanpa menganggap rendah. Ini kebiasaan yang sering mba TeNgu lihat. Kebiasaan untuk merasa bahwa materi yang disampaikan biasa saja. Akibatnya, sedikit mendahului admin dan penanggung jawab kelas. Sehingga ada kesan sombong yang lebih mendominasi. Jadi, sebelum ikut kelas BOW lebih baik mengosongkan gelas atau membersihkan niat untuk benar-benar belajar.
  3. Sampai belajar untuk tetap fokus pada materi. Berlatih memberikan komentar yang baik dan positif serta membangun. Hingga satu sama lain di kelas BOW bisa saling mengenal dan bisa bersinergi bersama.


kelas online


Apa Hubungannya Ikut Kelas BOW Dengan Membuka Toko Online?



Mama Kece masih ingat perasaan saat menggunakan Blackberry Messenger? Atau mungkin pernah mendengar banyak orang-orang berjualan hanya dengan menggunakan BBM? Nah, di materi kelas BOW ini sama seperti kita menggunakan BBM. Dengan fitur Story yang disediakan, kita dituntut untuk aktif seperti saat kita menggunakan BBM.

Aktif berbagi informasi yang bermanfaat yang berhubungan dengan produk atau layanan yang tengah Mama Kece jual. Jadi, nggak boleh melulu membagikan produk-produk seperti foto katalog di story. Membagikannya secukupnya saja, berapa itu? Ada materinya di kelas BOW.

Dengan mengoptimalkan fitur WA Story. Mama Kece bisa langsung memulai membuka toko onlinenya. Misalnya, hari pertama Mama Kece mengenalkan diri sebagai siapa? Namanya siapa, sedang fokus untuk usaha apa. Atau jika butuh masukan, silakan bertanya di WA Story, kira-kira produk yang dijual seperti ini bagus atau nggak?

Mengajak teman-teman di WA untuk berinteraksi maka bisa membangun personal branding untuk Mama Kece. Kalau Mama Kece masih ingat, mungkin ada teman yang kalau disebut namanya lantas Mama Kece langsung keingetan kalau dia itu suka galau, misalnya. Nah, label suka galau ini karena Mama Kece sering lihat statusnya di WA Story sering berbagi kegalauan. Inilah yang disebut dengan personal branding.

Kalau ikut Kelas BOW ini, Mama Kece bisa sambil belajar membangun personal branding sebagai seorang pebisnis wanita. Perlu diketahui nih sama Mama Kece, membangun personal branding itu tidak bisa dilakukan dalam semalam. Mau bekerjasama dengan makhluk halus pun, jika ingin mengikuti jejak Sangkuriang. Tetap tidak akan sukses. Karena, personal branding ini terekam di alam bawah sadar teman-teman Mama Kece yang lihat story di WA.

Jadi, kalau Mama Kece misalnya pengen dikenal sebagai Mama cantik yang suka dandan dan jualan alat dandan. Bisa nih Mama Kece bagikan informasi mengenai tips dandan. Atau cara merawat kulit biar lebih kencang dan awet muda. Semua hal yang berkaitan dengan kecantikan. Apalagi kalau Mama Kece jago make up. Udah, bagiin aja tips membuat alis atau apa saja yang nantinya bisa membuat Mama Kece dikenal sebagai seorang Beauty Trainer.


optimasi whatsapp


Belum Tahu Ingin Jualan Apa, Boleh Ikut Kelas BOW?



Ini solusi yang sangat tepat buat Mama Kece yang masih bingung mau jualan apa. Niat untuk buka toko online akan tetap menjadi niat kalau nggak ada aksi, benar nggak Mam? Karena itu, kalau sudah ada niat. Mendingan Mam langsung beraksi dengan mendaftarkan diri bergabung di kelas BOW. Saat ini sudah masuk angkatan 8, loh.

Kenapa dikatakan solusi yang tepat? Sebab, ketika niat sudah ada. Tinggal menentukan mau jualan apa, ya kan? Kalau masih bingung, di kelas BOW ini ada banyak sekali para penjual online yang produknya bermacam-macam. Ada yang jualan kaos kaki, gamis, jilbab sampai mainan anak. Tinggal Mama Kece lihat kira-kira mana yang sesuai dengan kata hati Mama Kece.

Dengan banyaknya pilihan, Mama Kece jadi bisa mempertimbangkan lebih matang. Mau memilih jualan apa. Apalagi di kelas BOW ini ada yang namanya trial. Dalam artian, sebelum kelas dimulai, anggotanya bisa langsung belajar sedikit materi yang akan dipraktekkan. Saat proses trial inilah, Mama Kece bisa langsung cek dan ricek, mana sekiranya produk atau jasa yang ingin Mama Kece pilih sebagai usaha online berdasarkan kata hati.



Baca Juga : 



Belum Bisa Jualan, Nggak Tahu Cara Jualan, Gimana Dong?



Tenang, jangan khawatir. Learning by doing itu nyata loh, Mam. Kalau bergabung dengan kelas BOW. Mama Kece akan belajar banyak dari materi-materi yang diberikan. Juga dari cara para anggota lain memberikan informasi produk mereka. Banyak banget deh pelajaran baik itu mengenai usaha, motivasi sampai kehidupan yang nantinya akan Mama Kece terima.

Mba TeNgu aja mulai belajar untuk merapikan catatan. Baik itu catatan materi pembelajaran, catatan tugas sampai belajar mencatat alur keuangan selama mengikuti program Kelas BOW batch 7 ini. Dari latihan disiplin dan konsisten inilah, mba TeNgu akhirnya tahu kalau selama ini masih kurang optimal manajemen waktunya.

Sampai baru paham, kalau sedang mengalami kemunduran yang akhirnya bikin mba TeNgu kaya jalan di tempat. Eh, pas bergabung dengan teman-teman di Kelas BOW angkatan 7 ini, malah jadi terbakar lagi semangatnya. Belajar lagi dari awal cara menyiapkan materi postingan tapi yang softselling.


Di Kelas BOW Ini Diajari Apa Aja?



Banyak banget yang diajari di kelas BOW ini. Setiap angkatan bisa berbeda-beda materinya. Untuk angkatan Batch 7 yang khusus mendaftar sama teh Euis. Dapat materi cara mengedit gambar atau foto untuk materi promosi dengan Canva.

Mama Kece pasti udah sering banget edit-edit foto. Biar lebih mantap, belajar dengan bimbingan guru yang bisa memberikan masukan untuk kita. Akan terasa lebih optimal. Bener deh, Mam. Kalau kita belajar sendiri, kadang kan suka nggak tahu tuh ya, kira-kira yang kurang atau salah bagian mana. Nah, beda kalau belajar ada mentornya. Beliau akan memberikan kita masukan yang membuat karya kita justru lebih baik lagi.

kelas online


Selain itu, setiap penawaran kelas BOW saat dibuka. Ada paket bundling namanya. Mba TeNgu dapat buku agenda biar lebih produktif lagi. Pas banget dengan keinginan TeNgu yang suka journaling. Untuk angkatan 8 katanya masih dibuka, hadiahnya bisa dipilih sendiri. Pokoknya, nggak akan bikin nyesel deh, kalau ikutan kelas BOW.

Udah gitu, Mama Kece bisa dapat kontak dari teman-teman yang baru. Dan, ini bisa membuka peluang kerjasama untuk jualan yang lebih luas. Jangan salah, banyak anggota BOW 7 ini yang sudah menuai hasilnya. Rasanya pasti senang kalau baru buka toko online, eh langsung ada yang nanya terus beli.



Nah, biar materi dari kelas BOW ini semakin terlihat hasilnya. Ada tugas yang harus dikerjakan. Kalau nggak dikerjakan, Mama Kece akan dikeluarkan dari grup. Terus ngga akan mendapat materi tambahan lagi. Sedih kan, kalau uang yang sudah dikeluarkan untuk mendaftar. Justru berakhir jadi sia-sia. Karena itu, biar lebih mantap, harus mau belajar lagi dan lagi. Terus kerjain PRnya, deh.


Langsung aja Mama Kece merapat, kenalan dan tanya-tanya langsung sama mentornya. Biar lebih puas dan yakin kalau kelas BOW ini bukan kelas kaleng-kaleng ;).





Semoga artikel dari Mba TeNgu ini bermanfaat untuk Mama Kece yang lagi bingung mau punya toko online tapi nggak bisa jualan.

Related Posts

4 comments

  1. yang punya dagangan online bisa nih ikut ini, utk nambah wawasan. keren

    ReplyDelete
  2. Waah, materi yang aku butuhkan nih biar bisa optimasi buat jualan 🙈

    ReplyDelete
  3. MEmang harus ada tugas ya untuk ikut pelatihan seperti ini biar bisa disiplin, gak ngasal pesertanya. Jadinya benar-benar belajar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blognya Mba TeNgu.
Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan baik. Untuk link hidup akan otomatis dihapus.

Subscribe Our Newsletter