ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Sebelum Menjalankan Bisnis Cek Hal Penting Ini

Senin, 24 Oktober 2022

checklist bisnis

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun sebuah bisnis atau usaha. Nah, hal-hal yang berkaitan dengan usaha ini kadang baru sempat terpikirkan saat usaha atau bisnisnya sudah berjalan. 

Agar usaha mak kece tidak keteteran atau bingung saat mau memulai. Ada beberapa hal yang bisa dicek sebelum mulai. Hal di bawah ini bisa dijadikan checklist apakah sudah ada dalam bisnis mak kece atau belum. 


Daftar Hal Penting Untuk Bisnis Pemula

Perencanaan Bisnis

Sebelum menjalankan usaha atau bisnis, sudah pasti mak kece harus memiliki rencana yang matang. Perencanaan ini termasuk bagian dasar yang penting juga. Ada beberapa hal yang termasuk dalam perencanaan bisnis.


1 Nama usaha, harus sudah dipersiapkan sejak awal juga. Dan dicek apakah nama tersebut sudah dipatenkan atau belum.

2. Cek juga apakah website dengan nama usaha yang dipilih sudah tersedia atau belum. Pilih yang belum tersedia.

3. Persiapkan struktur bisnis, apakah jenisnya kemitraan, perusahaan atau perorangan.

4. Tentukan budget maksimal bisnis. Jangan sampai over budget untuk bisnis, pastikan dalam penerapannya nanti ada beberapa indikator yang bisa menjadi pengingat apakah usaha mak kece perlu dipertahankan atau tidak agar tidak over budget.

5. Lakukan riset untuk target market bisnis mak kece. Agar mak kece bisa menentukan target market yang spesifik sebelum usahanya berjalan.

6. Lakukan juga riset pada kompetitor. Ini berguna untuk melihat apakah ada peluang yang bisa menjadi nilai jual dan pembeda pada usaha mak kece.


Pengembangan Produk

Pada tahap ini sudah dipastikan perencanaan bisnis sudah berjalan dan produk sudah ditentukan. Sekarang tinggal dicek beberapa hal di bawah ini sebagai acuan dasar.


1 List order inventory harus ada agar mempermudah saat pengecekan ulang.

2. Simpan daftar supplier dan minta sampel atau contoh dari supplier. Untuk memastikan apakah produk tersebut sesuai dengan produk dari usaha mak kece. 

3. Buat foto produk yang menarik, kalau memang ada budget untuk foto produk profesional, sebaiknya pilih penyedia jasa yang benar-benar terbukti bagus hasilnya.

4. Tentukan juga dimana mak kece ingin memulai berjualan dan mempromosikan produknya. Penting ditentukan sejak awal, sebab masing-masing platform memiliki peraturan dan keunikannya masing-masing.

5. Packaging produk harus sesuai dan profesional serta menggambarkan jati diri brand usaha mak kece.

6. Gunakan aplikasi khusus untuk mencatat invoice supaya mak kece bisa mengecek secara berkala sambil memantau laporannya setiap bulan.


Perkembangan Bisnis

Ketika produk sudah ditentukan dan sudah mulai berjalan. Jangan lengah dulu ya, mak kece. Ada beberapa hal lagi yang harus dicek saat usaha sudah jalan. Daftar ini berguna untuk menjadikan usaha mak kece semakin profesional.


1 Daftarkankan usaha mak kece di OSS untuk mendapatkan MIB atau nomor induk usaha.

2. Buat website sesuai dengan usaha mak kece. Untuk pembuatan ini bisa menggunakan jasa yang kompatibel, atau bisa hubungi Tengu kalau butuh landing page untuk usahanya.

3. Buat akun sosial media pendukung, selain membuat akun sosial media utama tempat promosi produk. Buat juga akun lainnya sebagai pendukung.

4. Buat juga email khusus untuk bisnis atau usaha dan pastikan alamat emailnya sesuai dengan nama usaha atau nama bisnis. Jangan sampai menggunakan alamat email yang kurang professional seperti : akubisaapaja@gmail.com atau akusayangkamu@gmail.com. Kedua email ini tampak tidak profesional dan sebaiknya dihindari.

5. Buat rekening khusus jika memungkinkan. Kalau masih belum memungkinkan bisa menggunakan rekening pribadi namun harus tetap terpisah dari keuangan pribadi.


Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk mak kece ya. Jangan lupa dicatat agar tidak lupa.

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung di blognya Mba TeNgu.
Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan baik. Untuk link hidup akan otomatis dihapus.