Senin, 22 Juni 2020

Kesehatan Anak Sekolah Di Era New Normal Harus Dipersiapkan

Kesehatan anak



Mak Kece udah siap belum, anak-anak akan masuk sekolah sekitar bulan Juli nanti?

Beberapa sekolah, katanya sih akan mulai berjalan lagi. Meski, tentunya enggak seperti keadaan sebelum pandemi. Tapi, udah yakin belum, Mak?

Kalau belum yakin, entah karena takut anak kita tertular atau justru menularkan. Bisa ikut rapid test Jakarta khusus buat yang tinggal di sekitar wilayah Jakarta.

Biar Mak Kece juga berkurang was-wasnya. Ada baiknya, anak-anak yang nantinya akan mulai sekolah di tahun ajaran baru. Sudah mulai dibiasakan untuk menjalani gaya hidup sehat secara total.

Selain itu, di era new normal seperti saat ini. Sudah banyak juga, sekolah yang menerapkan beberapa peraturan mendasar untuk mencegah bertambahnya pasien covid-19.

Pastinya, di era new normal seperti sekarang. Banyak standardisasi yang sudah mulai harus diterapkan untuk setiap orang.

Apa aja nih, Mak. Kebiasaan baik yang sudah harus dipraktekkan dan dijadikan gaya hidup?


Cuci Tangan Pakai Sabun Dan Air



Meskipun rasanya menggunakan hand Sanitizer itu lebih praktis. Faktanya, anak-anak dan orang dewasa pun harus membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir.

Enggak ada lagi cerita cuci tangan cuma basahi tangan dikit pakai air. Tapi, saat ini, sudah harus pakai sabun dan mengikuti tips mencuci tangan yang baik dan benar.



Mengenakan Masker



Buat orang yang sering naik KRL. Sebelum pandemi ini ada, anker alias anak kereta tuh sudah sering banget pakai masker, Mak.

Beberapa pengendara motor pun, dulu, sering mengenakan masker biar enggak kena debu.

Kalau sekarang? Justru kita beraktivitas di luar pun harus tetap mengenakan masker, mak.

Mau belanja ke pasar? Ke toko dekat rumah? Tetap pakai masker, dong. Karena, mengenakan masker, bukan sekadar hal kecil. Tapi, justru membawa dampak yang besar buat kita.


Konsumsi Makanan Sehat



Makanan sehat itu yang seperti apa? Pastinya yang diolahnya itu bersih, sampai nutrisinya seimbang. Nantinya akan sangat baik bagi kesehatan anak. 

Makanan bersih, bukan cuma sekadar makanan yang dimasak di rumah. Tapi, sehat karena kandungan nutrisinya lengkap.

Ada sayur mayur bermacam rupa sampai kandungan karbohidrat dan protein yang sesuai untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.


Banyak Minum Air Putih



Air putih tuh ya, sering dianggap sepele loh, Mak. Serius ini. Karena, sering banget banyak Mak Kece yang lebih tergoda sama es doger atau es kelapa murni. Dibandingkan minum air putih sampai bergelas-gelas.

Bahkan, ada juga yang betah minum minuman kemasan sampai berbotol-botol. Tapi, minum air putihnya cuma dua gelas sehari.

Nah, karena sering dianggap sepele. Mulai sekarang, saat ini. Dihitung ya, Mak. Sudah berapa gelas minum air putihnya. Biar kesehatan anak tetap terjaga. 


Suplemen Kesehatan



Menjaga daya tahan tubuh, biar makin fit dan optimal. Boleh juga ditambah dengan suplemen kesehatan.

Mau konsumsi vitamin C, boleh. Konsumsi Habattushauda, boleh. Namanya ikhtiar mah, boleh aja.

Asalkan sesuai takaran dan enggak berlebihan ya, mak.



Pertolongan Pertama Saat Sakit



Namanya usaha, enggak boleh setengah-setengah. Tapi, ada kalanya badan pun terkena sakit. Entah karena kecapekkan atau karena hal lain.

Mau berobat ke dokter di masa pandemi seperti saat ini tuh sering bikin mikir keras ya, Mak.

Suka bikin takut berlebihan. Yang akhirnya malah memperkeruh suasana.

Kalau ada anggota keluarga yang sakit. Terus, ada rasa khawatir untuk ke rumah sakit. Mungkin, bisa dibantu dengan konsultasi melalui online.

Konsultasi dengan dokter secara online, bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc, Mak.

Di aplikasi ini, kita bisa konsultasi sesuai spesialis dokternya. Kalau butuh dokter spesialis anak, ada. Butuh spesialis jantung, ada.

Tinggal unduh aja dari playstore untuk pengguna Android. Terus, daftar melalui aplikasi.

Selain bisa konsultasi langsung dengan ahlinya. Kita juga bisa beli obat di sini, Mak. Jadi, satu paket deh. Abis konsultasi, bisa langsung beli obat sesuai resepnya dari satu aplikasi.

Mudah banget. Terus bikin nyaman karena data dan informasi kita dijaga. Serta aman, karena kita enggak perlu ke luar rumah.




Jadi, saat hari pertama anak-anak masuk nanti. Mak Kece juga harus siap mental, ya. Biar enggak overthinking juga.

Terus, anak-anak juga jadi lebih terbiasa dengan prosedur kesehatan secara mendasar.

Biar jadi kebiasaan baik yang terus dipraktekkan sampai kapanpun.


Artikel Terkait