-->

Cara Membuat Telur Asin dan Manfaat Telur Asin



Cara Membuat Telur Asin dan Tempat Telur Yang Sehat - Siapa yang belum tahu kelezatan telur asin? Pastinya sudah banyak yang mencicipi kelezatan dan gurihnya telur asin. Apalagi kebanyakan telur asin ini berasal dari Brebes ya. Nah, daripada jauh-jauh ke Brebes apalagi masih tanggal tua seperti ini, Anda bisa juga loh membuat telur asin sendiri.

Caranya memang mudah sekali, tapi harus diperhatikan juga untuk menyimpan telur asin di tempat yang aman. Apalagi kalau di rumah ada anak kecil, banyak tikus, sepertinya memang harus disimpan di Tempat Telur tersendiri. Sekarang ini ada juga tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan telur, mau itu disimpan di suhu ruangan atau di kulkas. Lebih aman karena tertutup.


Satu Tempat Telur berbahan transparan ini bisa menyimpan 10 telur loh, jadi bisa menghemat ruang di kulkas juga. Serta memberikan keamanan untuk telur yang kita simpan di suhu ruangan. Dengan tempat penyimpanan yang sesuai, maka kualitas telur yang akan kita konsumsi juga tetap terjaga.

Pernah ada yang tau gak, apa sih manfaat dari Telur Asin sampai-sampai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia? Nah sekarang simak ya, beberapa manfaat dari Telur ASIN.


1. Camilan dan Teman Makan Yang Asyik

Ini mah sudah dipastikan banget ya, karena memang telur asin itu paling enak dan nikmat dibarengi dengan nasi panas. Apalagi rasanya yang sudah asin, sehingga tidak perlu lagi ditambah garam atau penyedap rasa lainnya.

2. Tinggi Protein

Ada yang mengira gak, kalau ternyata dalam satu butir telur asin berisi 9gram protein. Nah, cukup tinggi protein nih, jadi makan telur asin bisa membuat tubuh kita tidak kekurangan protein.

3. Membantu Pertumbuhan Sel Baru

Regenerasi sel itu diperlukan bagi tubuh, agar sel-sel yang sudah mati dan tidak berfungsi dengan baik, bisa segera terganti dengan sel baru yang lebih bagus. Jadi, kalau rajin konsumsi telur asin, bisa membuat tubuh lebih mudah memproduksi sel baru.

4. Meningkatkan Fungsi Dari Sel Darah Merah

Dengan fungsi Sel Darah Merah yang bekerja dengan baik, maka tubuh kita akan mencegah terjadinya pendarahan. Karena Telur Asin ini memiliki protein yang tinggi, jadi bisa membantu Sel Darah Merah bekerja dengan baik.


5. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Abis makan Telur Asin, ternyata gak hanya membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Tapi, juga bisa membantu agar kulit kita tetap sehat.



Setelah kita mengetahui manfaat dari Telur Asin, ada baiknya juga kita mengetahui, bagaimana cara membuat telur asin. Ini dia langkah-langkah membuat telur asin :


Bahan :

- Telur Bebek 10 butir
- Abu gosok atau bata merah yang telah ditumbuk hingga halus (2 liter)
- Garam Dapur 1/2 kilogram
- Air


Cara membuatnya :

1. Cuci bersih telur denganmenggunakan air, lalu keringkan dan diamplas halus sedikit bagian kulitnya, agar pori – porinya terbuka
2. Campurkan abu gosok atau bubuk bata dengan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga menjadi pasta.
3. Setelah itu, bungkus telur satu per satu dengan menggunakan larutan nomor 2
4. Simpan telur dalam ember atau wadah penyimpanan, kurang lebih 15 – 20 hari.
5. Setelah selesai, bersihkan kulit telur, dan telur asin siap untuk dihidangkan



Gimana? Gampang kan ya mengolah Telur Bebek jadi Telur Asin? Kalau sudah jadi, ingat, jangan lupa disimpan di Kotak Khusus Penyimpanan Telur. Kalau mau beli cuma 85rb saja dapat 3 kotak. Murah kan?


Semoga Bermanfaat


Emak Semangat

Subscribe Our Newsletter